Kamis, 30 Mei 2013

Sebab Rambut Balita Anda Tumbuh Uban


Sebab Rambut Balita Anda Tumbuh Uban

17 October 2012 09:03
Seringkali uban atau rambut yang mulai memutih dianggap sebagai tanda-tanda penuaan. Asumsi ini cukup rasional karena timbulnya uban disebabkan oleh berkurangnya produksi melanocytes yang berkontribusi terhadap melanin yang bisa menjaga warna rambut. Semakin bertambah usia, semakin berkurang produksi melanocytes dalam tubuh. Hasilnya, warna rambut menjadi transparan atau umumnya terlihat keperakan.

Kondisi ini tentunya biasa pada orang dewasa, tapi ternyata tak sedikit juga anak-anak yang mengalaminya. Berikut, lima faktor yang menyebabkan anak Anda memiliki rambut beruban seperti dikutip dari livestrong.

Genetik
 
Salah satu penyebab uban pada anak kecil adalah karena memang sudah ada bawaan genetik. Tubuh anak mengalami proses penuaan lebih cepat. Walaupun hubungannya tidak terlalu kuat, ada korelasi positif juga antara uban dan ketombe. Hubungan ketombe dan uban bukan hubungan sebab akibat, tapi frekuensi uban dan ketombe bisa berkorelasi positif.
Ras
Anak-anak yang berasal dari ras kaukasia lebih sering mengalami masalah uban dibanding ras lainnya. Namun hingga kini belum ada penelitian yang benar-benar bisa mengonfirmasi gen seperti apa atau dari sisi orang tua yang mana uban itu diwariskan.

Penyakit/Kelainan
Beberapa penyakit atau kelainan kulit pada anak kecil seperto vitiligo, tuberous sclerosis, atau Waardenburg syndrome memang bisa memicu kerontokan rambut dan berkurangnya pigmen rambut. Kelainan kelenjar thyroid juga bisa memicu kondisi ini.

Kekurangan Vitamin B12
Kurangnya asupan vitamin B12 sangat mempengaruhi timbulnya uban pada anak-anak. Hampir semua produk makanan dari hewan mengandung vitamin B12 yang cukup. Karena itu jarang sekali uban pada anak-anak disebabkan oleh kekurangan vitamin B12. Pada beberapa kasus, anak-anak yang diet vegetarian secara ketat mungkin saja mengalami hal ini. Selain itu, anak-anak yang pernah menjalani operasi perut sehingga mempengaruhi pencernaan dan penyerapan vitamin B12 juga bisa terpengaruh.

Stres
Stres secara psikologis sampai saat ini belum terbukti pasti menyebabkan rambut beruban. Tapi kulit yang stress karena paparan sinar ultra violet dan radiasi bisa saja memicu timbulnya uban. Penelitian yang diterbitkan di majalah Cell tahun 2009 menyebutkan genotoxic yang disebabkan oleh paparan sinar ultra violet dan radiasi bisa menyebabkan mutasi sel rambut dan menyebabkan uban muncul lebih cepat.

Sumber : http://wolipop.detik.com/read/2011/07/21/105623/1685870/857/rambut-balita-anda-tumbuh-uban-ini-sebabnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar