Kamis, 30 Mei 2013

Menyamarkan Uban dengan Menyenangkan


Menyamarkan Uban dengan Menyenangkan

17 October 2012 10:09
Munculnya uban yang menghiasi kepala bagai tamu tak diundang yang menyebalkan. Tak semua produk pewarna rambut mampu menutupinya dengan sempurna.
Uban sering dikaitkan dengan usia tua, kaya pengalaman, dan kebijaksanaan. Tapi faktanya 43 persen perempuan Indonesia memilih mewarnai rambutnya untuk menutupi uban. Hal ini menunjukkan sebagian besar wanita enggan berserah diri pada usia dan selalu ingin tampil muda.
Rambut beruban yang tumbuh menggantikan helai kehitaman rambut asli memang merupakan salah satu tanda penuaan. Tetapi pada beberapa kasus uban bisa timbul pada usia lebih muda.
Orang berusia muda yang memutih rambutnya bisa disebabkan karena dua hal, yakni faktor keturunan, dan faktor lain seperti rambut rusak karena penggunaan shampo, perubahan hormon, polusi, atau stres. Pada dasarnya uban timbul karena pembentukan protein pigmen mulai berkurang.
Bila uban baru muncul sedikit-sedikit, sebaiknya jangan dicabut. Karena mencabut uban secara paksa justru akan merusak folikel rambut di sekitarnya. Anda bisa menyiasatinya dengan melakukan pengecatan rambut.
Mengecat rambut memang cara paling cepat dan mudah untuk menutup rambut beruban. Tapi munculnya uban juga bisa diperlambat dengan cara menjaga kesehatan kulit kepala yang dimulai dari dalam. Konsumsi vitamin yang penting untuk rambut, seperti vitamin A, B, E, dan protein.
Peragawati senior, Ira Duati, yang sudah memasuki usia kepala empat, adalah salah satu wanita yang peduli pada penampilannya. "Saya memilih secara teratur mengecat rambut untuk menyamarkan uban," tuturnya dalam sebuah acara peluncuran produk pewarna rambut. Meski begitu, Ira mengaku tak suka warna rambut hitam. "Kesannya seperti pakai wig," katanya.
Sebagai ganti warna hitam, Ira memilih warna bernuansa kecokelatan, sehingga tetap ada unsur fashion dalam warna rambutnya. Karena aura warna tanah yang dimilikinya, coklat merupakan nuansa fashion paling kuat sekaligus alami. Warna ini juga cocok untuk semua tingkatan warna kulit orang Asia.
"Cokelat tua merupakan warna asli rambut Asia kebanyakan. Dengan permainan warna di berbagai gradasi warna coklat, penyamaran uban bisa jadi lebih menyenangkan," ujar Queentia Tampubolon, Marketing Manager L'Oreal Professionnel.
Namun, apa pun pilihan warna rambut yang akan Anda pilih, jangan lupa untuk melakukan perawatan intensif setelah rambut diwarnai agar rambut tidak kusam dan kering.

Sumber : http://nasional.kompas.com/read/2008/06/26/16265241/menyamarkan.uban.dengan.menyenangkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar