Kamis, 30 Mei 2013

Cegah Kanker dengan Uban


Cegah Kanker dengan Uban

17 October 2012 09:50
Mungkin bagi sebagian orang kehadiran rambut putih sangat tidak diharapkan. Tapi tahukah kalau ternyata uban bisa melindungi kita dari kanker?

Melanocytes merupakan sel yang memproduksi pigmen pemberi warna pada rambut kita, dan sel induk akan terus meningkatkan jumlahnya agar warna rambut bisa tetap terjaga. Uban akan timbul ketika jumlah sel induk dalam kantung rambut kita mengalami penurunan.

Emi Nishimura dari Tokyo Medical and Dental University di Jepang bersama kawan-kawannya telah menemukan apa yang menyebabkan penurunan tersebut pada tikus. Ketika para peneliti memaparkan radiasi dan zat kimia yang merusak DNA pada tikus, sel induk akan berubah secara permanen menjadi melanocytes. Dan hal ini, pastinya akan berpengaruh pada jumlah induk sel yang berfungsi memproduksi melanocytes. Kemudian, bulu tikus berubah menjadi abu-abu.

Nishimura mengemukakan kalau proses yang sama juga terjadi pada manusia. Khususnya saat penurunan sel induk dikantung rambut orang yang sudah tua, karena akumulasi kerusakan DNA yang terjadi seiring bertambahnya usia kita.

Tapi di sisi lain, proses ini diduga dapat membantu kita terlindung dari bahaya kanker, ujar David Fisher, peneliti kanker dari Harvard Medical School. Proses ini setidaknya dapat menurunkan pertumbuhan induk sel yang mengandung DNA yang rusak dan membawa mutasi. Setidaknya, manfaat positif yang dapat kita dapat adalah tersingkirnya sel-sel yang berpotensi bahaya dan mungkin mengandung pra-kanker, tambah David.

Sumber : http://www.preventionindonesia.com/article.php?name=/cegah-kanker-dengan-uban

Tidak ada komentar:

Posting Komentar